Macam Alat Kesehatan Rumah Sakit

Alat kesehatan rumah sakit dapat disuplai diberbagi pabrik khusunya peralatan rumah sakit. Untuk pembuatnya banyak memerlukan riset, terutama alat canggih. Contohnya, USG, rotgen, dan audiometer.





Macam Alat Keseshatan Rumah Sakit Dan Fungsinya

1. Alat kardiologi 

Alat kardiologi dapat digunakan untuk mendiagonisa penyakit jantung dan pembuluh darah. Contoh alatnya yairu, EKG, stetoskop, vena finder, dan kateter.

2. Alat farmasi Alat 

Farmasi merupakan alat peracik puyer manual yang dapat dijual bebas dipasaran. Contohnya, kertas perkamen, sendok racik puyer dan alat peracik puyer elektrik.

 3. Alat setrilisasi medis 

Untuk alat setrilisai medis yang mampu digunakan adalah UV dan autoklaf. 

4. Alat THT 

Alat THT adalah alat yang digunakan sebagai perawatan kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan oleh dokter spesialis THT. Contoh jenis alat THT yaitu, timpanometer, outoskp, audiometer diagonistik, dan kotak kedap suara.

 5. Alat kedokteran umum 

Alat kedokteran umum hanya meliputi beberapa bagian. Contohnya, stetoskop, penlight GC, dan stetoskop dual head.

6. Alat kesehatan paru 

Alat kesehatan paru hanya berupa peak flow meter, mucus extractor, sprirometer, dan alat CPAP untuk penyakit sleep apnea.

7. Seragam medis 

Seragam medis dapat diciptakan tidak untuk tujuan fashion, tetapi digunakan untuk kepentingan medis. Contohnya, seragam medis, baju pasien, gelang pasien, jas laboraturium, baju oprasi, dan jas dokter.

8. Alat bedah 

Alat bedah merupakan alat yang hanya digunakan untuk oprasi besar dan juga oprasi minor. Contoh alatnya antra lain, elektrosugical device, lampu oprasi, mesin anestesi dan infision pump.

9. Furniture rumah sakit 

Furniture rumah sakit merupakan golongan alat kesehatan rumah sakit. Furnitur ini hanya dibutuhkan sesuai kebutuhan pasien. Contohnya, X ray film reviewer, tempat tidur, inkubator bayi, examination bad, meja oprasi, dan kursi tranfusi darah.

10. Alat neurologi 

Alat neuroogi hanya 2 yang dapat dilihat di ruang oprasi dokter. Antara lain, EEG dan alat analisa sress.

11. Alat forensik 

Alat ini yang dapat dijual bebas dipasaran adalah body bag atau kantung mayat.

Comments