Mengapa Diet Ketat Justru Tidak Baik Untuk Kesehatan ?

Ini adalah pertanyaan yang terasa sangat janggal untuk diucapkan mengingat bahwa diet merupakan kebutuhan khusus bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan namun ingin tetap tampil seksi dengan tubuh dan berat badan yang proporsional.


Diet memang dibutuhkan oleh mereka yang mengalami kegemukan dengan berbagai alasan. Beberapa alasan umumnya seperti diatas bahwa mereka ingin selalu memiliki bentuk tubuh yang cantik.Selainitu, jika memiliki tubuh yang proporsional maka kemungkinan besar untuk mencoba berbagai baju idaman akan terwujud bukan?

Namun tahukah anda bahwa diet ketat justru tidak baik bagianda. Mengapa demikian? Kita semua tahu bahwa saat seseorang menjalani sebuah program diet, maka mereka harus mengurangi atau bahkan mencoret salah satu daftar makanan dalam menu mereka. 

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat akan dicoret begitu juga dengan makanan yang berlemak. Kurangnya salah satu asupan gizi inilah yang dapat menjadikan program diet anda menjadi lebih buruk, apalagi jika dilakukan dengan cara yang ketat. Dampak negatif diet ketat yang tidak baik bagi tubuh bisa dikenali dari tanda-tanda berikut ini.

1. Mal Nutrisi
Mal lnutrisi atau yang bisa disebutkan .jika hal ini dilakukan dengan sangat ketat maka potensi malnutrisi akan terjadi dan memberikan efek pada tubuh seperti mudah lelah, mengantuk, susah konsentrasi dan lemas. Hal ini tentu wajar mengingat bahwa tubuh memang memerlukan asupan gizi dan nutrisi makanan yang seimbang setiap harinya.

2. Rambut Rontok

Kurangnya asupan nutrisi makanan akan menyebabkan rambut rontok. Hal ini dikarenakan setiap saat tubuh memerlukan regenerasi sel untuk memperbarui sel yang telah mati dan menggantinya dengan yang baru.

3. Kulit Kering

Seperti halnya pada poin nomor tiga bahwa rambut dan kulit selalu memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang untuk regenerasi sel.

4. Munculnya selulit pada kulit

Bagi pegiat diet ketat tentu permasalahan ini sangat akrab yaitu selulit. Hal ini dikarenakan menyusutnya jaringan pada kulit akibat diet yang berlebihan sehingga akan timbul garis lipa tanpa ada kulit yang menyebabkan kulit memiliki tampilan yang kurang bagus.

5. Migrain

Pernahkah anda mengalami migrain yang disebabkan ketika anda belummakan? Hal inilah yang kemungkin anak anter jadi pada diri anda jika tidak siap untuk menjalankan diet ketat.

6. Depresi

Kekurangan asupan gizi bisa menyebabkan anda depresi atau emosional anda menjadi lebih labil dari biasanya.

7. Gangguan Pencernaan

Diet memang terkait dengan urusan makan. Jika pola makan anda berubah seketika dan menguba hmenu anda sehari-hari, maka gangguan pencernaan kemungkinan akan terjadi. Beberapa masalah yang timbul seperti infeksi pada lambung, maag atau bahkan terkena busung lapar.

8. Potensi Anorexia

Anorexia adalah sebuah gangguan kejiwaan yang membiarkan dirinya kelaparan karena selalu merasa tubuhnya terlalu gemuk dan berat badannya berlebih. Apabila cara diet dilakukan secara ekstrim maka potensi mengalami anorexia akan terjadi

Perlu diketahui bahwa tujuan penulisan artikel ini bukan untuk menakuti anda ketika menajalankan program diet.Namun sebaliknya jika anda bisa menerapkan diet yang benar tanpa memaksa dan menyalahi aturan aturan diet dari sang ahli maka program diet anda akan berhasil dengan baik. 

Program diet tidak bisa dilakukan semena-mena atau seketika namun perlu dilakukan secara bertahap.Pilih lah tahap yang paling mudah ketika anda masih pertama kali mencobanya.Hal ini bertujuan agar tubuh anda mampu adaptasi terhadap sebuah perubahan dalam diri anda termasuk dalam pola makan anda yang baru.

Comments